Jumat, 09 Mei 2014

Prof. Dr. Endang Siti Astuti, M.Si membawa sertifikat akreditasi internasional AASBI
SELAMAT DAN SUKSES, MAJUKAN PENDIDIKAN INDONESIA
Prof. Dr. Endang Siti Astuti, M.Si membawa sertifikat akreditasi internasional AASBIProgram Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) mendapatkan sertifikat akreditasi internasional dari Asian Association of Schools of Business International (AASBI). Akreditasi ini turun pada tanggal 1 Maret 2014 dan berlaku sampai 28 Februari 2017.
Ditemui PRASETYA Online, Rabu (7/5), Ketua Jurusan Administrasi Bisnis Prof. Dr. Endang Siti Astuti, M.Si menyampaikan, perolehan sertifikat ini dipelopori oleh Ketua Jurusan sebelumnya  yaitu Dr. Kusdi Rahardjo, DEA dan para dosen. "UB sebenarnya mempunyai program untuk internasionalisasi  Prodi, namun  Administrasi Bisnis belum diikutsertakan  karenanya,  kami mencari peluang mengajukan akreditasi internasional sendiri," ujar Prof. Endang.
Pengajuan akreditasi dilakukan mulai tahun 2011. "Kami mengajukan aplikasi kepada AASBI, komponen yang dinilai antara lain unsur tri dharma perguruan tinggi, adanya kelas internasional, dan syarat lain yang hampir sama dengan BAN PT namun dengan format berbeda," jelasnya.
Dengan adanya sertifikat akreditasi ini diharapkan dapat memperluas jaringan Administrasi Bisnis di kancah internasional, misalnya dosen Administrasi Bisnis UB dapat mengajar di luar negeri. "Hal itu merupakan kelebihan tersendiri karena Prodi Administrasi Bisnis,  FIA UB dipercaya oleh perguruan tinggi luar negeri," katanya.
Ia melanjutkan, dalam jangka menengah program studi Administrasi Bisnis berencana menjadi anggota Accreditation Council for Business Schools & Programs yaitu asosiasi akreditasi terkemuka di Amerika yang khusus mendukung pendidikan bisnis. "Tahun pertama kami menjadi anggota, tahun kedua proses pendampingan untuk menuju akreditasi internasional, dan tahun ketiga persiapan akreditasi internasional. Setelah itu kami akan mempersiapkan akreditasi institusi bertaraf internasional terkemuka dari Eropa yaitu EQUIS" jelasnya.
Prof. Endang sangat mengapresiasi semangat para dosen Administrasi Bisnis dalam mencapai akreditasi internasional ini. "Semangat dan kreativitas untuk mencari peluang akreditasi ini bisa dijadikan contoh, karena kita semua punya potensi untuk meraih hal tersebut," pungkasnya.
Perlu diketahui, dalam surat yang dikirimkan per tanggal 2 Januari 2014, Michael Schemmann, Anggota Dewan Pimpinan AASBI, menyatakan bahwa Jurusan Administrasi Bisnis FIA UB adalah satu di antara 2 jurusan bisnis di Indonesia dan satu di antara 10 organisasi serupa lainnya di berbagai penjuru dunia (termasuk Prancis dan Amerika Serikat) yang berhak mendapatkan akreditasi ini.
Selain itu, Schemmann juga menyatakan bahwa dari sekian banyak jurusan bisnis di seluruh dunia yang mengajukan permohonan akreditasi ke lembaganya, hanya 5% di antaranya yang memenuhi syarat dan salah satunya adalah Jurusan Administrasi Bisnis FIA UB. Dengan akreditasi ini, seluruh civitas akademika Jurusan Administrasi Bisnis FIA UB berhak mendapatkan akses luas (termasuk mengirimkan artikel) ke Journal for Asian
International Business
Education & Training (JAIB), jurnal internasional yang dikelola oleh AASBI. [irene]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar